Ketahui Kebiasaan-Kebiasaan dan Hal-Hal yang Menyebabkan Tubuh Anda Menjadi Bersifat Asam

penyebab tubuh menjadi bersifat asam 

Apakah tubuh anda bersifat asam atau alkali? Asidosis kronis  atau tubuh yang bersifat asam berlebihan merupakan kondisi yang umum di zaman modern ini, terutama di kota-kota besar modern. Ketika terjadi ketidakseimbangan pH tubuh, maka akan ada banyak masalah kesehatan yang mulai berdampak negatif dalam kehidupan kita. Masalah-masalah tersebut contohnya rasa lelah berkepanjangan, berkurangnya kepadatan tulang, sering terjadi peradangan, tekanan darah tinggi, kolesterol naik, percepatan penuaan serta penyakit-penyakit degeneratif lainnya secara umum. Meski diet dan olahraga dapat membantu, namun salah satu cara terbaik untuk melawan asidosis dan menjaga agar pH tubuh seimbang adalah dengan rutin mengkonsumsi air alkali ionisasi yang memilki pH tinggi, contohnya seperti air alkali Kangen Water.

 

10 Penyebab pH Tubuh Tidak Seimbang

Lalu apa yang menyebabkan terjadinya asidosis atau sifat asam berlebihan pada tubuh? Berikut ini kita akan mendiskusikan mengenai 10 penyebab pH tubuh anda menjadi tidak seimbang yang dapat berpengaruh pada sisi kesehatan. Banyak penyebab yang dituliskan di bawah ini merupakan konsekuensi dari pola hidup di zaman modern yang serba cepat ini. Kabar baiknya adalah, hal-hal tersebut sebetulnya dapat dikendalikan, dan disiplin dalam menjalankan diet alkali yang sehat serta konsumsi air yang bersifat alkali dapat membantu anda mencapai jalan memiliki pH tubuh yang seimbang dan sehat.

1. Makan Berlebihan

makan berlebihan

Porsi makanan di zaman modern ini bisa dikatakan berlebihan dan terlalu banyak dibandingkan apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Coba kurangi porsi makan agar tidak berlebihan serta kurangi cemilan yang tidak sehat yang dapat membuat tubuh anda menjadi semakin bersifat asam. Makanlah dalam porsi yang secukupnya.

 

2. Protein Hewani Tinggi Lemak

Semua daging yang berasal dari hewan memiliki lemak, akan terpecah menjadi limbah asam ketika dicerna. Protein hewani juga memerlukan kadar hydrochloric acid yang tinggi untuk dicerna di dalam lambung.

 

3. Minuman Soda Berkarbonasi

minuman berkarbonasi

Umumnya minuman soda berkarbonasi bersifat sangat asam dan mengandung asam fosfat yang dapat mengikis kepadatan tulang dan gigi. Konsumsi minuman bersoda sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Hindari atau kurangi konsumsi minuman bersoda. Cobalah menggantinya dengan yang lebih sehat seperti jus buah, atau lebih baik mengkonsumsi air putih ketimbang minuman bersoda.

 

4. Stress

Stress dan rasa khawatir dapat mengakibatkan reaksi kimia yang menimbulkan sifat asam dalam tubuh. Cobalah jernihkan dan tenangkan pikiran di tempat yang sepi untuk sementara waktu jika anda sedang merasa stress. Tarik nafas dalam-dalam juga dapat membantu menenangkan tubuh.

 

5. Kurang Istirahat

kurang istirahat kecapean

Ketika kita sedang beristirahat, tubuh kita membuang CO2 (karbondioksida) dengan lebih efisien. Kurang istirahat dapat meningkatkan asam karbonat di dalam darah.

 

6. Konsumsi Alkohol

Rasa pusing ketika mengkonsumsi alkohol merupakan kurangnya asupan oksigen ke otak dan ia dapat membunuh sel-sel otak. Hati-hati jika anda senang mengkonsumsi alkohol karena dampak jangka panjanga akan sangat buruk bagi kesehatan anda.

 

7. Makan Terlalu Cepat

Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka sebetulnya sudah makan dalam porsi yang berlebihan dikarenakan mereka makan dengan sangat cepat. Hal ini seringnya berakibat pada kenaikan berat badan. Ingatlah bahwa butuh waktu 20 menit bagi perut anda untuk memberitahu otak bahwa ia sudah kenyang. Jadi makanlah dengan lebih perlahan dan jangan terburu-buru.

 

8. Sering Mengkonsumsi Makanan Olahan

Banyak asam inorganik berasal dari makanan olahan, termasuk asam sulfur dan asam fosfor yang merusak kepadatan massa tulang.

 

9. Dehidrasi

kurang minum air putih

Meskipun kebutuhan air harian tidak mudah untuk ditentukan, namun secara umum laki-laki seharusnya minum sekitar 3 liter air perhari, dan wanita minum 2,5 liter air per hari. Jumlah ini juga harus dihitung ulang tergantung berat badan dan temperatur serta aktivitas yang anda lakukan. Semakin berat aktivitas anda, semakin panas temperatur, anda harus minum lebih banyak lagi air putih setiap harinya untuk menyeimbangkan antara air yang keluar dari tubuh dengan air yang masuk ke dalam tubuh untuk mencegah terjadinya dehidrasi

Minum air dengan pH tinggi seperti air Kangen Water dengan pH 8.5 hingga 9.5 disarankan untuk membantu menetralisir limbah asam di dalam tubuh.

 

10. Olahraga Berlebihan

Ya, olahraga memang sangat baik bagi tubuh, namun kalau ia dilakukan secara berlebihan maka akan terdapat timbunan asam laktat pada otot. Asam laktat merupakan tipe asam yang menyebabkan kram setelah berolahraga. Minum air alkali Kangen Water sewaktu berolahraga dapat mengurangi timbunan asam laktat pada tubuh.