Atasi Asidosis (Kelebihan Sifat Asam Dalam Tubuh) dan Ubah Menjadi Bersifat Alkali Agar Tetap Sehat

metabolik asidosis

Asidosis adalah suatu kondisi dimana terdapat kelebihan sifat asam di dalam cairan tubuh. Menurut U.S. National Library of Medicine and National Institutes of Health, asidosis terjadi akibat penimbunan sifat asam berlebihan di dalam tubuh serta hilangnya bikarbonat yang bersifat alkali/basa. Asidosis diklasifikasikan menjadi 2 yaitu Asidosis Respiratorik dan Asidosis Metabolik.

Asidosis respiratorik terjadi ketika terdapat terlalu banyak karbon dioksida (yang bersifat asam) di dalam tubuh. Tipe asidosis ini biasanya diakibatkan oleh penurunan kemampuan untuk membuang karbon dioksida dari tubuh melalui pernafasan yang efektif. Penyebab asidosis respiratorik ini umumnya diakibatkan oleh gangguan kesehatan yang berhubungan dengan pernafasan seperti pada penyakit asma.

Di sisi lain Asidosis Metabolik terjadi karena terlalu banyak asam yang diproduksi di dalam tubuh sementara ginjal tidak mampu untuk membuang kelebihan sifat asam tersebut. Umumnya penyebab dari asidosis metabolik ini adalah karena faktor diet atau pola makan sehari-hari yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang membentuk sifat asam di dalam tubuh (contohnya daging-dagingan dan gula).

Terdapat beberapa tipe asidosis metabolik yaitu:

  • Asidosis Diabetik (disebut juga ketoasidosis diabetik), yang terjadi ketika substansi yang disebut ketone bodies (senyawa ketone di dalam tubuh yang bersifat asam) menumpuk akibat penyakit diabetes yang tidak terkontrol.
  • Asidosis Hiperkloremik, yang terjadi akibat kehilangan bikarbonat sodium dalam jumlah yang sangat banyak dari tubuh, umumnya hal ini dapat terjadi pada kasus diare akut.
  • Asidosis Laktat, yaitu kondisi dimana terjadi penumpukan asam laktat yang tinggi di dalam tubuh, dan biasanya diakibatkan oleh konsumsi alkohol, penyakit kanker, olahraga yang terlalu berlebihan dalam jangka waktu yang sangat lama, gagal ginjal, kadar gula darah rendah (hypoglycemia), kekurangan asupan oksigen dalam jangka waktu lama seperti akibat shock, gagal jantung dan anemia akut serta kejang-kejang.

 

Cara Sederhana Mengatasi Asidosis Metabolik

Secara umum, cara untuk mengatasi Asidosis Metabolik (yang berhubungan dengan pola diet) sebetulnya tidak terlalu sulit karena hanya membutuhkan kedisiplinan untuk mengubah pola makan harian kita dari konsumsi makanan yang banyak membentuk sifat asam (seperti daging dan makanan manis) menjadi pola diet yang akan membentuk sifat alkali bagi tubuh (terdiri dari sayuran dan buahan).

sayur buah alkaliinfused lemon water

Cobalah untuk lebih banyak mengkonsumsi sayur-sayuran yang berwarna hijau seperti bayam, kale, brokoli, seledri, serta sayuran berwarna hijau lainnya karena ia bersifat alkali dan sangat bagus bagi tubuh. Selain sayuran, buah-buahan juga sangat baik dalam membantu memberikan asupan alkali ke dalam tubuh misalnya semangka, blewah, melon, pepaya, mangga, dan lemon. Jika anda suka dengan infused water, anda bisa menambahkan potongan jeruk lemon ke dalam air minum anda untuk membuatnya menjadi bersifat alkali. Selain itu alternatif lain untuk membantu mengurangi sifat asam dalam tubuh dan membuatnya menjadi bersifat alkali adalah dengan rutin mengkonsumsi air yang bersifat alkali setiap hari. Contoh air yang bersifat alkali adalah seperti Kangen Water yang diproses melalui teknologi ionisasi menggunakan arus listrik untuk membuatnya bersifat alkali dan kaya antioksidan sehingga sangat aman untuk digunakan sebagai air minum sehari-hari baik bagi orang yang sehat ataupun orang yang sakit.

teknologi mesin air alkali kangen water jepang

Jika anda berminat dan ingin tahu lebih lanjut mengenai teknologi yang dapat menciptakan air putih yang bersifat alkali dan bagus bagi kesehatan tubuh, silakan hubungi kami pada nomor kontak yang tertera di website ini. Salam air alkali Kangen Water.